Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rutinan Khotmil Qur’an Kembali Setelah Pandemi

Durenan - Setelah vakum beberapa bulan, akhirnya rutinan khotmil qur’an PAC. IPNU-IPPNU Durenan kembali dihelat kemarin sore (28/08/2020).

Acara dimulai pukul 15.00 sampai 20.00 WIB  dengan rangkaian khotmil al-Qur’an , berbuka puasa bagi yang menjalankan, shalat maghrib berjamaah, dilanjut istighosah tahlil qoshor, shalat isya’ berjamaah kemudian shalawat bersama serta ramah tamah.

Rekan Riswan selaku ketua pelaksana menjelaskan acara ini di selenggarakan pertama untuk memperingati hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-75 tahun dan Hari Besar Islam 1 Muharram 1442.

“Ditempatkan di SMP Islam Durenan karena lokasi tempatnya strategis, agar mudah dijangkau oleh perwakilan ranting se-kecamatan,” tuturnya.

Masa pandemi tidak menyurutkan semangat kegiatan ini, namun tetap antisipasi. Ketika lembaga pers menanyakan perihal protokol kesehatan mengenai acara ini, ketua pelaksana mengatakan tak bosan-bosannya harus mencuci tangan ketika datang, wajib memakai masker, juga menjaga jarak aman.

Ada yang menarik lain, yaitu pemotongan tumpeng. Ini yang menandai bahwa adat sejalan dengan syariat yang dibawa para wali sanga ke tanah jawa. Akulturasi yang apik tanpa menumpas habis adat yang sudah turun temurun dijaga nenek moyang. Tumpeng sendiri secara bahasa adalah sebuah singkatan berasal dari Tum : tumuju, peng: Pengeran. 

“Harapan ketika selesai acara ini, berjalan lancar. Kedepannya semoga lebih banyak lagi karena masih pandemi tak banyak yang diundang,”imbuh rekan rekan yang juga mahasiswa Politeknik Negeri Malang itu.

Dokumentasi : Rekanita Risa

Kontributor : Rekan Jazuli

Posting Komentar untuk "Rutinan Khotmil Qur’an Kembali Setelah Pandemi "