Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Nyawiji Rogo Lan Roso Ing Makam Para wali Saking Ridhone Gusti



Di bulan Syawal yang penuh barokah ini. Pimpinan Anak Cabang (PAC) IPNU IPPNU Durenan mengadakan Ziarah Wali Jatim  pada hari senin 2-3 Juli 2018. Ziarah Wali Jatim merupakan salah satu agenda kepengurusan tahun ini.  Kebahagiaan terlihat dari semua peserta Ziarah ini yang tak lain adalah semua pengurus dan beberapa alumni yang ikut serta dalam kegiatan ziarah ini.

Berdoa menjadi pembuka perjalanan kami selama dua hari,yang dipimpin oleh Bapak Khamdi dan juga sebagai imam. Beliau pun  menjelaskan beberapa doa yang akan dibaca saat berziarah nanti.

Ziarah ini diawali dari makam Syeikh Ihsan  Jampes(kediri). Dan beberapa tujuan lain pada hari pertama : Makam Syeikh Sulaiman (Mojoagung-Jombang), Syeikh Jumadil Kubro (Troloyo),Syeikh Kholil(Bangkalan-Madura). Dn di hari kedua yaitu Makam Sunan Ampel ,Sunan Giri, Sunan Gresik, Syeikh Maluna Ibrahim, Syeikh Maulana Ishak,  Sunan Drajat,  dan makam Sunan Bonang sebagai penutup perjalan ziarah ini.




Setiap makam mempunyai keunikan sendiri - sendiri salah satunya di makam  Sunan Giri dan Sunan Drajat. Di makam tersebut selain berziarah juga bisa berkunjung ke musium yang menyimpan benda benda bersejarah. Dan di perjalanan menuju makan sunan  giri butuh sedikit pengorbanan untuk mencapai makam Sunan Giri di perbukitan. Wisatawan bila mampu bisa berjalan kaki, namun bisa juga menggunakan transportasi ojek maupun dokar yang tersedia di sana.  

Namun yang paling penting adalah barokah doa yang insyallah barokah dunia akhirat.  Bisa diambil hikmah dari ziarah wali ini, kita bisa mendekatkan diri kepada Alloh SWT dan para sunan yang berjuang demi agama islam. Semoga Ziarah Wali Jatim  ini dapat menjadi pendorong untuk memperbaiki diri kita. Aminn

Posting Komentar untuk "Nyawiji Rogo Lan Roso Ing Makam Para wali Saking Ridhone Gusti"