Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rutinan Sesasi Pisan Ke-3: Merangkai Wawasan Dalam Suasana Kebersamaan

Saat peserta melakukan Diskusi Small Group | Riza Wahyu
Portal Pelajar Durenan - Rutinan Sesasi Pisan, sebagaimana yang telah disepakati rekan rekanita PAC. IPNU IPPNU Durenan, dalam rangka mempererat tali silaturrahmi serta menjaga kekompakan juga menambah wawasan. Rutinan Sesasi Pisan sudah berjalan kurang lebih 3 (tiga) kali pelaksanaan, yang biasanya di laksanakan pada minggu ketiga disetiap bulan, rutinan ke tiga yaitu dilaksanakan pada hari Minggu, 25 September 2016. Kegiatan tersebut bertempat di Masjid As-Shofwaniyyah (Masjid Putih) di Desa Baruharjo-Durenan-Trenggalek. yang dihadiri kurang lebih 35 pelajar NU.

Acara tersebut dimulai pukul 09:00- 12:00 WIB. dan dipandu oleh rekan Zidny Ilma sebagai pembawa Acara sekaligus ketua panitia, rangkaian kegiatan diawali dengan pembukaan dan do.a bersyukur kepada Alloh sebagaimana nikmat yang telah diberikannya kepada hamba-Nya.
Penyampaian materi Kepemimpinan | Riza Wahyu
Kemudian dimulai dengan pemberian Materi "Kepemimpinan" oleh Narasumber Rekan Muhammad Nurul Izza sekaligus ketua IPNU DURENAN, yang di Moderatori oleh rekan Ilham Baihaqi.Dalam Materi kepemimpinan tersebut berisikan tentang sub-sub Bab antara lain:
  1. Pegangan wajib bagi pemimpin umat.
  2. Timbulnya Pemimpin.
  3. Tipe Pemimpin.
  4. Sifat-sifat Pemimpin yang baik.
  5. Fungsi pemimpin.
  6. Sikap kemasyarakatan seorang pemimpin.
Selanjutnya di mulai dari pembagian kelompok diskusi yang terdiri dari 2 kelompok yaitu A dan B, berikutnya pemberian pertanyaan oleh Narasumber kepada setiap-setiap kelompok yang telah dibagi, dan setiap satu kelompok mendapatkan 2 pertanyaan dari Narasumber, kemudian diberikan waktu diskusi sekitar 15 menit. sesudah diskusi dilanjutkan dengan mempresentasikan hasil diskusi dari kelompok masing-masing yang diwakili satu orang yang dipilih untuk menyampaikannya. setelah penyampaian hasil diskusi antar kelompok bertukar pertanyaan dan beradu argumen.
Proses tanya jawab di tengah perdiskusian
Perdiskusian yang dibuat pada kegiatan rutinan tersebut, berjalan begitu seru. Pertanyaan-pertanyaan yang disuguhkan narasumber begitu menggugah daya kritis setiap peserta. Adapun pertanyaan yang diajukan tidak lepas dari seputar kepemimpinan, misalnya saja seperti pertanyaan mengenai tipe kepemimpinan ideal yang oleh narasumber disuguhkan kepada para peserta menggunakan metode studi kasus.

Selain itu, rekan Izza juga mengajak kepada peserta untuk melebar-lebarkan pembahasan kepemimpinan untuk kemudian direlasikan dengan isu-isu yang beredar dewasa ini. Seperti kepemimpinan non muslim di Indonesia, serta kepemimpinan seorang perempuan dalam perspektif Islam.
Foto bersama seusai acara | Badrus
Dalam rutinan ke-3 ini, peserta yang hadir kurang lebih sejumlah 35 rekan-rekanita yang didominasi dari rekan-rekanita yang sekolah di SMA Negeri Durenan. Semoga Rutinan Sesasi Pisan tetap berjalan dengan lancar dan dapat menjadi jembatan kekompakan serta menambah wawasan para pelajar NU Durenan.

Selamat Belajar, Berjuang dan Bertaqwa

(Tri Wahyuningsih)

Posting Komentar untuk "Rutinan Sesasi Pisan Ke-3: Merangkai Wawasan Dalam Suasana Kebersamaan"