Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pembukaan Rutinan “Sesasi Pisan”, Penyampaian Program, dan Buka Bersama PAC. IPNU-IPPNU Durenan


Khamdan wasyukron lillahita’ala. .  dibulan Ramadhan yang penuh barokah ini, Rekan-Rekanita PAC.IPNU-IPPNU Durenan telah sukses menyelenggarakan ''Pembukaan Rutinan Sesasi Pisan dan Buka Bersama". Pada hari Ahad tanggal 12 juni 2016 yang bertepatan dengan 7 ramadhan 1437 H bertepat di Masjid Nurul Iman Pakis Durenan. Acara ini dibuka tepat pada pukul 16.40 WIB. Diawali dengan sambutan sekaligus pemaparan program PAC. IPNU-IPPNU Durenan yang disampaikan oleh rekan Mokh. Nurul ‘Izza selaku Ketua PAC. IPNU Durenan.

Rutinan “Sesasi Pisan” yang dilaksanakan pada hari Ahad di minggu ke-2 disetiap bulan ini adalah bagian dari program yang telah tertuang dalam Konsep Pengembangan Kader PAC. IPNU-IPPNU Durenan. Dalam konsep tersebut memuat dua aspek yaitu aspek Pemahaman dan Keterampilan. Penjabaran dari kedua aspek tersebut seperti pada gambar bibawah ini:

 Konsep Pengembangan Kader PAC. IPNU-IPPNU Durenan

Keseluruhan terdapat 15 poin target pembahasan yaitu 9 (Sembilan)  poin dari aspek Pemahaman meliputi: Ke-Islaman, Aswaja, Ke-NUan, Tradisi Keagamaan NU, Nasionalisme, Ke IPNU-IPPNUan, Keorganisasian, Kajian PD-PRT, dan Leadership. Selanjutnya terdapat 6 (enam) poin dari aspek keterampilan meliputi: Fasilitator, Protokoler, Enterpreneur/Kewirausahaan, Persidangan, Master of Ceremony/MC, dan Desain grafis.

Sebagian poin atau tema tersebut mengacu pada materi-materi yang dibahas pada MAKESTA dan LAKMUD yang tertuang dalam Pedoman Kaderisasi yang disusun oleh Pimpinan Pusat IPNU. Selain dari tema materi MAKESTA dan LAKMUD ditambahkan beberapa poin atau tema yang dianggap relevan untuk pengembangan kader PAC. IPNU-IPPNU Durenan seperti Desain Grafis, Kajian PD/PRT, Persidangan, Enterpreneur/Kewirausahaan, Jurnalistik, dll.

Rumusan poin atau tema tersebut dalam realisasinya akan dikemas sebagai tema pembahasan setiap pelaksanaa rutinan, seperti pada rutinan pertama kali ini membahas tema Ke-Islaman. Selain dalam bentuk rutinan juga akan dikemas dalam bentuk pelatihan untuk materi Desain grafis, Jurnalistik, dan Enterpreneur.

Tepat pukul 17.00 WIB berlangsung penyampaian acara inti yang membahas mengenai pengertian  Iman, Islam dan Ihsan dan keterkaitan hubungan antara ketiganya. Pembahasan materi tersebut disampaiakan oleh Sahabat Maftukhin, S.Pd.I selaku ketua PAC. GP Ansor Durenan.

Disamping hal tersebut, beberapa rekanita telah disibukkan oleh kegiatan dapur, diantaranya: menyiapkan piring, menyiapkan makanan, minuman, menyiapkan takjil, dan lain sebagainya. 

Waktu menunjukkan pukul 17.17 WIB, acara dilanjutkan pada sesi tanya jawab. Sesi tersebut diwakili oleh rekanita Maimun dari ranting sumberejo, yang menanyakan “...tadi disampaikan, islam keturunan yang sejak lahir.dan ketika orang kafir masuk islam itu karena mendapat hidayah Allah SWT.,dan pernah dikatakan bahwasanya orang kafir yang melaksanakan kebaikan tidak akan mendapat pahala dari Allah SWT., lalu bagaimana tentang keadilan Tuhan?....’’ pemateri (Maftukhin, S.Pd.I) menjawab: “....kita tidak boleh meragukan keadilan Tuhan karena dalam al-quran bahkan dalam Asmaul Husna telah di sebutkan bahwa Tuhan itu maha adil.....”. jawab beliau.

Memasuki acara terakhir yaitu penutupan dan dilanjutkan buka bersama pada pukul 17.25 WIB seiring adzan maghrib dikumandangkan. Acara ditutup dan menu buka bersama dihidangkan.  Alhamdulillah buka bersama berlangsung dengan rasa nikmat dan penuh rasa syukur yang selalu ditujukan pada Tuhan kita, pencipta alam semesta beserta isinya yakni Allah SWT.

Susana Pembukaan Rutinan

Semoga acara Rutinan ini dapat menjadi wahana edukasi dan ekspresi bagi Rekan-Rekanita Anggota IPNU-IPPNU Se-Kecamatan Durenan dan Rutinan selanjutnya dapat terlaksana lebih baik lagi dan istiqomah. Amiin.. 

Salam 3B (Belajar, Berjuang, Bertaqwa)

Pewarta: Sururiyah
Editor: Ilham Baihaqi
Photograper: M. Badrus Solikh

Posting Komentar untuk "Pembukaan Rutinan “Sesasi Pisan”, Penyampaian Program, dan Buka Bersama PAC. IPNU-IPPNU Durenan"