Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kang Said: Lulusan SMK Pesantren Harus Punya Sertifikat Profesi


Portal Pelajar Durenan - Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj mengatakan, lulusan sekolah kejuruan di lingkungan pesantren harus mempunyai sertifikat profesi. Oleh karena itu, SMK berbasis pesantren semestinya memiliki lembaga sertifikasi yang diakui Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Menurutnya, di antara faktor banyaknya tenaga asing legal yang masuk ke bursa kerja di Indonesia adalah karena mereka mempunyai sertifikat. “Tukang batu saja yang datang dari luar negeri mempunyai sertifikat sehingga mengalahkan tukang batu lokal,” tambah kiai yang akrab disapa Kang Said ini.

Hal itu ia sampaikan saat menerima kunjungan Pengasuh Pesantren Mathaliul Huda (PMH) Al-Kautsar dan SMK Cordova Kajen Pati KH Ahmad Zacky Fuad Abdullah di kantor PBNU, Jakarta, Selasa (24/1).

Dalam kesempatan tersebut, ia juga menegaskan bahwa PBNU telah bekerja sama dengan BNSP dalam program sertifikasi profesi bagi tenaga kependidikan atau guru yang ada di bawah Maarif maupun lembaga pendidikan NU lainnya termasuk sekolah-sekolah SMK berbasis Pesantren.

Dengan dibekali sertifikat profesi diharapkan lulusan lembaga pendidikan di lingkungan NU mempunyai peluang kerja yang lebih luas, tidak hanya di dalam negeri tetapi juga di luar negeri, tegas Kang Said.

Zacky Fuad Abdullah yang didampingi Kepala Sekolah SMK Cordova Muhammad Niam Sutaman bersilaturahim ke Ketua Umum PBNU dalam rangka memohon dukungan dan arahan dari PBNU bagi pengembangan SMK berbasis pondok pesantren.

Muhammad Niam menyampaikan, saat ini lebih 1000 SMK berbasis pondok pesantren kebanyakan ada di lingkungan Nahdlatul Ulama, sebagaimana sumber dari Direktorat Pembinaan SMK Kemendikbud. Tamatan SMK berbasis pesantren mulai mengisi lapangan kerja di berbagai perusahaan baik di dalam maupun luar negeri.

Menurutnya, SMK berbasis pesantren saatnya menjadi model pendidikan unggulan di lingkungan NU dan perlu kiranya mendapatkan perhatian khusus dari PBNU. Jika selama ini lembaga pesantren di lingkungan NU dikenal banyak melahirkan para santri yang mahir menguasai ilmu agama, saatnya nanti pesantren juga akan melahirkan santri-santri yang menguasai profesi-profesi kejuruan yang diperlukan industri modern.

Sumber : NU Online

Posting Komentar untuk "Kang Said: Lulusan SMK Pesantren Harus Punya Sertifikat Profesi"