Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pelajar NU Durenan Menyelenggarakan Sosialisasi Pedoman Administrasi Organisasi dan Peringatan Maulid Nabi

Rutinan Sesasi Pisan ke-IV Pelajar NU Durenan
Portal Pelajar Durenan - Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama Kecamatan Durenan menyelenggarakan sosialisasi pedoman administrasi organisasi dan peringatan kelahiran Nabi Muhammad SAW pada hari Ahad, tanggal 25 Desember 2016 bertempat di aula SMP Islam Durenan.

Latar belakang penyenggaraan sosialiasi administrasi ini adalah, IPNU-IPPNU yang lahir dari para generasi pelajar Nahdlatul Ulama baik pelajar maupun santri yang terdidik dan memiliki pengetahuan yang baik harus menjadi referensi bagi organisasi-organisasi kepelajaran lainnya yang ada di Indonesia. Terlebih usia IPNU-IPPNU yang sudah lebih dari setengah abad, idealnya sudah semakin mapan dalam berbagai aspeknya, utamanya dalam sistem administrasi sebagai bagian inti dalam mewujudkan profesionalitas organisasi. Profesionalitas tersebut diawali dari tahap pembentukan dan pengesahan ranting ini.
Pelajar Putri NU
Oleh karena itu, sistem administrasi yang di dalamnya memuat seperangkat organisasi adalah syarat mutlak menciptakan organisasi yang tertib dan profesional. Menukil ucapan dari Ali bin Abi Thalib. “al haqqu bilaa nidzam yaghlibu al bathil bi an nidzam” yang artinya hal baik yang tidak terorganisir akan kalah dengan kejahatan yang terorganisir.  Dari ucapan tersebut paling tidak dapat diambil sebuah pemahaman tentang pentingnya ketertiban dalam sebuah organisasi, yang tentu diawali dari sistem administrasi yang baik.

Acara ini dihadiri oleh perwakilan Ranting baik IPNU maupun IPPNU se-Kecamatan Durenan sekitar 43 peserta dan dimulai tepat pada pukul 10.20 WIB dipandu oleh Rekan Khamdan Yuwafa selaku pembawa acara.

Selanjutnya acara dibuka dengan membaca ummul kitab yakni suratul fatihah bersama-sama. Setelah itu sambutan dari wakil PAC. IPNU-IPPNU Durenan oleh Rekan Mokhamad Nurul ‘Izza selaku ketua PAC. IPNU Durenan. "Rutinan Sesasi Pisan pada bulan ini, selain kita kemas dalam bentuk Sosialiasasi POA Ranting, sekaligus mari kita niatkan bersama untuk memperingati kelahiran baginda Nabi Agung Muhammad SAW." ujarnya. Kemudian dilanjutkan sosialisasi Pedoman Adminitrasi Ranting oleh Rekan lham Baihaqi (Sekretaris PAC. IPNU Durenan) dan Ngindana Roudhotun Nadhifah (Sekretaris PAC. IPPNU Durenan).
Pelajar Putra NU
Sosialisasi ini membahas tentang pengertian administrasi, maksud dan tujuan administrasi, ruang lingkup administrasi serta menganalisa berbagai macam dan aturan surat menyurat di IPNU-IPPNU. Sosialisasi ini difokuskan tentang syarat pembentukan Ranting dan kelengkapan administrasi pengajuan Surat Pengesahan Ranting baik IPNU maupun IPPNU. Secara rinci permohonan pengesahan ranting sebagaimana tahap berikut:
  1. Setelah selesainya Rapat Anggota, tim formatur ranting mengajukan  permohonan rekomendasi tentang pengesahan susunan pengurus Pimpinan Ranting yang bersangkutan kepada Pimpinan Anak Cabang dan Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama setempat.
  2. Tim formatur ranting selanjutnya mengajukan surat permohonan pengesahan tentang kepengurusan Pimpinan Ranting yang bersangkutan kepada Pimpinan Cabang.
  3. Surat permohonan pengesahan harus disertakan lampiran:
  • Berita acara rapat anggota tentang pemilihan ketua pimpinan ranting.
  • Berita acara penyusunan kepengurusan oleh tim formatur dan tertanda tangani lengkap.
  • Susunan pengurus pimpinan ranting lengkap.
  • Biodata (CV), foto copy ktp dan sertifikat pengkaderan bagi ketua, sekretaris dan bendahara.
  • Surat Rekomendasi Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama setempat.
  • Surat Rekomendasi Pengesahan Pimpinan Anak Cabang.
Alhamdulillah, Sosialisasi ini berjalan dengan lancar dan selesai pada pukul 12.05 WIB. Acara ini ditutup dengan berdoa bersama yang dipimpin oleh Rekan Budi. Setelah do’a selesai dilanjutkan dengan makan siang bersama.

Semoga kegiatan ini dapat membawa manfaat dan barokah untuk kami semua dan menambahkan semangat kami untuk terus Belajar, Berjuang dan Bertaqwa.

Salam 3B (Belajar, Berjuang & Bertaqwa).

Pewarta : Nuralisa Miftakhul Ma’rifah
Editor : Ilham Baihaqi

Posting Komentar untuk "Pelajar NU Durenan Menyelenggarakan Sosialisasi Pedoman Administrasi Organisasi dan Peringatan Maulid Nabi"