Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Amaliyah NU dan Dalilnya - (5) Dzikir dengan Suara Nyaring


Dasar-Dasar/Dalil Dzikir Dengan Suara Nyaring

Dasar dari ayat al-Qur’an

Surat Ali Imron ayat 191







Artinya:
(Yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): “Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka. (QS. Ali Imron: 191)

Surat al-Ahzab ayat 35,41,42.












Artinya:
Sesungguhnya laki-laki dan perempuan yang muslim, laki-laki dan perempuan yang Mu’minm laki-laki dan perempuan yang tetap dalam keta’atannya, laki-laki dan perempuan yang benar, laki-laki dan perempuan yang sabar, laki-laki dan perempuan yang khusyu’, laki-laki dan perempuan yang bersedekah, laki-laki dan perempuan yang berpuasa, laki-laki dan perempuan yang memelihara kehormatannya, laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar. (QS. Al-Ahzab: 35)





Artinya:
Hai orang-orang yang beriman, berzdikirlah (dengan menyebut nama) Allah, zikir yang sebanyak-banyaknya. (QS. Al-Ahzab: 41)





Artinya:
Dan bertasbihlah kepada-Nya diwaktu pagi dan petang. (QS. Al-Ahzab: 42)

Dasar-dasar dari hadits nabi.









Artinya:
Diriwayatkan dari Abu Huroiroh bahwa Rasulullah SAW bersabda: Sesungguhnya Allah memiliki para Malaikat yang berkeliling di jalanan untuk mencari orang-orang ahli dzikir. Dan ketika mereka menemukan sekelompok orang yang senantiasa berdzikir kepada Allah, para Malaikat ini kemudian memanggil, “ Ambillah kebutuhan kalian.” (HR. Muttafakun Alaihi. Tirmidzi dan Ahmad) Dasar dari pendapat para ulama’.

Imam Ibnu Al-Jauzi

Imam Ibnu Jauzi dalam kitabnya “Khusn al-Khosin” menjelaskan bahwa: “setiap dzikir yang disyariatkan, baik dalam kategori wajib maupun sunnah tidak akan diberi pahala kecuali telah diucapkan minimal dapat didengar oleh dirinya sendiri.

Imam Abdul Wahab As-Sya’roni

Para ulama’ berijma’ atas wajibnya dzikir dengan suara keras.

Syeh Ibnu ‘Athoillah As-Sakandari

Syeh Ibnu ‘Athoillah berpendapat dengan dibolehkannya dzikir dengan suara keras ketika dalam kondisi dzikir bersama-sama.

*) PP LTM-NU 2010-2011, Amaliyah Keseharian NU dan Dalilnya.

Posting Komentar untuk "Amaliyah NU dan Dalilnya - (5) Dzikir dengan Suara Nyaring"